Hubungi kami +62218763609

C. Snouck Hurgronje dan Wajah Islamnya Surat-surat Para Ulama, Habaib, Mufti, Bangsawan, dan Tokoh Nusantara lainnya untuk Sang Penasihat Pemerintah Kolonial Hindia Belanda (1857–1936)

Rp136.000
Penulis A. Ginanjar Sya’ban
Editor Kunti Zulva Russdiana Dewi
Kategori Tarikh/Sejarah
Halaman 326
Kertas HVS
Jenis Cover Hard Cover
Berat 0 gram
Dimensi 14,8 x 21 cm

Buku ini hendak mengetengahkan ulasan, suntingan, terjemahan dan kajian atas sejumlah surat korespondensi yang ditulis dan dikirim oleh para tokoh Nusantara kepada C. Snouck Hurgronje, atau terkait dengan sosok penasihat pemerintah kolonial Hindia Belanda tersebut. Para penulis dan pengirim surat berasal dari berbagai latar belakang kehidupan sosial yang berbeda-beda, mulai dari para ulama, mufti, penghulu, saudagar, cendekiawan, para sultan dan keluarganya, warga keturunan Arab, anak-anak kandung Snouck, dan lain-lain.

Terdapat 30 buah surat yang ditelaah dalam kajian ini. Surat-surat tersebut berasal dari kurun masa akhir abad ke-19 dan awal abad ke- 20, pada rentang tahun 1884 hingga 1929. Surat-surat ditulis dalam berbagai bahasa dan aksara yang berbeda-beda, seperti bahasa Arab, bahasa Melayu aksara Arab (Jawi), bahasa Melayu aksara Latin, bahasa Jawa dan Sunda aksara Arab (Pegon), bahasa Sunda aksara Latin, juga bahasa Belanda.

Melalui surat-surat tersebut, kita akan menemukan “wajah lain" dari sosok Snouck yang selama ini tersembunyi dan kontroversial, yaitu wajah Snouck yang “islami”, dalam kedekatan hubungannya dengan para tokoh pengirim surat dari berbagai latar belakang kalangannya.

Tentang Penulis: A. Ginanjar Sya’ban

Filolog santri NU dan dosen pascasarjana FIN UNUSIA Jakarta.