Hubungi kami +62218763609

Kerancuan Akidah Wahabi

Rp80.000
Penulis Abdul Wahab Ahmad
Editor Bagus Irawan
Kategori Aqidah & Tauhid
Halaman 256
Kertas Putih
Jenis Cover Soft Cover
Berat 500 gram
Dimensi 14,8 x 21 cm


Versi pertama buku ini pada awalnya hadir sebagai pengembangan dari dialog panjang yang pernah penulis lakukan dengan seorang Salafi-Wahabi dalam tema akidah. Sebagaimana dimaklumi, Asy'ariyah-Maturidiyah adalah ajaran yang diikuti oleh mayoritas ulama dari masa ke masa, namun belakangan Salafi-Wahabi hadir seolah ingin membalik fakta itu dan mengesankan bahwa Asy'ariyah-Maturidiyah adalah sekte minoritas yang sesat dan tidak berdasar. Dalam poin inilah dialog panjang dengan pengikut Salafi-Wahabi itu dilakukan dan alhamdulillah penulis berhasil mematahkan seluruh argumennya sekaligus memberikan banyak pertanyaan yang tak terjawab hingga akhir diskusi.

Dari situ kemudian penulis berpikir untuk membukukan bagaimana cara berdialog dengan Salafi-Wahabi kebanyakan dan bagaimana menjawab berbagai syubhat mereka tentang akidah yang dianut mayoritas ulama. Dialog ini dimuat dalam bagian awal buku ini.

Agar makin berbobot, dalam bagian selanjutnya buku ini, penulis menukil beberapa sanggahan Syaikh Ibnu Taymiyah, Syaikh Ibnu Utsaimin dan pihak lain yang muncul belakangan seperti Dr. Safar Hawali dan lain-lain yang seringkali memojokkan Asy'ariyah. Mereka seringkali dibanggakan pihak Salafi-Wahabi sebagai orang-orang yang telah "mematahkan" argumen Asy'ariyah. Berbagai argumen mereka kemudian penulis hadapkan dengan berbagai argumen ulama Asy'ariyah klasik maupun kontemporer sehingga tersusun dalam bentuk dialog ilmiah antara kedua pihak. Tentu saja pada akhirnya pihak Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy'ariyah-Maturidiyah) mampu menjawab semua syubhat yang dilontarkan lawan.

----
--
Spesifikasi:
Soft Cover
Size: 14,8 x 21 cm
Tebal: 256 Hal
Kertas: HVS 70 gram

Tentang Penulis: Abdul Wahab Ahmad

Abdul Wahab Ahmad, lahir di Jember pada tanggal 12 Januari 1984. Pernah mengenyam pendidikan pesantren di PP. Darussholah Jember semasa pendidikan tingkat SMP dan di PP. Al-Khoziny, Buduran-Sidoarjo semasa pendidikan tingkat Aliyah. Setelah itu, melanjutkan pendidikan S1 di STAIN Jember dalam Jurusan Syariah lalu S2 di IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam Jurusan yang sama. Saat ini sedang menyelesaikan pendidikan doktoralnya di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Dalam kesehariannya, dia berprofesi sebagai Dosen Fakultas Syariah di IAIN Jember di tengah kesibukannya mengabdikan diri di sebuah pesantren tempatnya tinggal. Dalam bidang keorganisasian Nahdlatul Ulama, dia aktif dalam kegiatan-kegiatan PCNU Jember sebagai pengurus Lembaga Bahtsul Masail (LBM) sejak tahun 2009 dan menjabat sebagai Direktur Aswaja NU Center PCNU Jember sejak tahun 2012 hingga 2015. Menjadi Wakil Katib PCNU Jember pada tahun 2015-1019 dan Sekretaris PCNU Jember pada masa bakti 2019-2024. Selain itu, ia juga menjadi Anggota Komisi Fatwa MUI Jember pada masa bakti 2017-sekarang. di tingkat Provinsi, ia mengabdi sebagai Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah LBM NU Jatim dan Peneliti bidang akidah di Aswaja NU Center Jatim pada masa bakti 2018-2023.